-->

Resep Soto Makasar

Setelah postingan sebelumnya saya sudah menuliskan Resep Cumi-Cumi Sambal Merah, dan pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan Resep Soto Makasar. OK, langsung saja kita mulai membuatnya, tapi sebelumnya kita siapkan bahan dan bumbunya dulu seperti yang saya tuliskan di bawah ini dan selanjutnya mulai cara memasak.

Baca juga : Resep Soto Padang

Bahan:
• 200 gram daging sapi
• 200 gram babat
• 200 gram paru
• 2 liter kaldu sapi
• 50 gram kacang tanah kupas, sangrai, haluskan
• 3 cm lengkuas, memarkan
• 4 batang serai , memarkan
• 2 sendok makan tauco
• 2 sendok makan kecap manis
• 2 sendok makan garam
• ½ sendok teh lada

Pelengkap:
• 1 batang seledri, potong kasar
• Jeruk nipis

Bumbu Halus:
• 8 butir bawang merah
• 3 siung bawang purih
• 3 cm jahe
• 3 butir kemiri, sangrai
• 1 sendok teh ketumbar,sangrai

Resep Soto Makasar

Cara Membuat:
  1. Rebus daging, terpisah dengan paru dan babat hingga empuk, lalu potong dan masukkan kembali ke dalam air rebusan daging (buang bekas rebusan babat dari paru).
  2. Setelah mendidih, tambahkan bumbu halus, kacang, lengkuas, serai, tauco, kecap manis, garam dan lada. Biarkan di atas apikecil sampai bumbu meresap.
  3. Sajikan dengan sambal tomat, seledri dan jeruk nipis.
Baca juga : Resep Soto Kerbau Khas Kudus

Demikianlah Resep Soto Makasar yang bisa saya bagikan, selanjutnya anda bisa langsung mencoba membuatnya di rumah, selamat mencoba.

Sumber: Lingkar Media

10 Responses to "Resep Soto Makasar"

  1. Apakah yang dimaksud soto Makassar di dini adalah Cotto Makassar yang sering kita jumpai tersebut ya Mbak Imerlina Putri. Karena Cotto Makassar, Konro dan Sinonggi (Di Sulawesi selatan biasa di sebut Kapurung) adalah Makanan kesukaan saya saat saya bekerja di Pomalaa, Kolaka Sulawesi Tenggara dulu. Cotto Makassar nya benar-benar Mak nyuss, dan kalau malam hari saya juga biasa minum tuh yang namanya Sara'ba di temani dengan makanan kecil seperti Pisang kipas. Hmmm benar-benar top markotop dah. hehe

    ReplyDelete
  2. O iya lupa, biar lebih nyamleng makan cotto Makassar bisa di tambahkan juga buras (semacam lontong). :D

    ReplyDelete
  3. ada juga ya Soto Makasar :) baru tau, yang saya tau sebelumnya cuma Soto Semarang dan Soto Kudus :)

    ReplyDelete
  4. wah saya mah belom pernah nyobain nie mbak soto makasar mah, paling juga soto kudus sama soto betawi yang pernah saya coba :)

    ReplyDelete
  5. enakan mana ya sama soto khas solo

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel