-->

Resep Sate Maranggi

Setelah sebelumnya saya sudah pernah menuliskan Resep Sate Goreng Kambing. Malam ini saya akan mencoba menuliskan Resep Sate Maranggi Khas Purwakarta. Sebelum nya saya juga pernah membuat sebuah Resep Sate yang asal nya dari kota padang atau sering di sebut juga Sate Padang, kali ini juga saya akan membuat sebuah resep yang masih sejenis sate, nama sate nya adalah Sate Maranggi yang asal nya dari kota purwakarta. Sate maranggi adalah sate yang sangat begitu khas sekali dari kota purwakarta, dengan memiliki rasa yang begitu enak sekali sate ini banyak yang suka. Jangan heran kalo banyak orang yang dari luar daerah pasti datang ke kota purwakarta demi mencicipi sate maranggi yang satu ini, sate maranggi juga sama dengan sate padang tidak menggunakan saus kacang, tapi melain kan sate ini menggunakan saus kecap yang manis pedas, dengan saus sesimpel gitu kalo soal rasa jangan di tanya pastinya enak Sekali citarasa yang begitu khas dari sate maranggi.

Tapi kalo sekarang sate maranggi tidak hanya di kota purwakarta saja tapi ada juga sih di sekitar kota jawa barat. Nah bagi anda yang sedang berkunjung ke kota purwakarta ada wajib kota sate maranggi kalo tidak anda akan merasa rugi untuk merasakan sate yang enak. Tapi bagi anda yang ingin sekali mencoba sate maranggi anda tidak usah jauh-jauh lagi ke kota purwakarta atau cari di daerah jawa barat, anda cukup saja membautnya di rumah anda, nah untuk soal resep dan cara membuat sate maranggi purwakarta ada kok di bawah sini.

Resep Sate Maranggi

Bahan-bahan untuk sate maranggi:
• Daging sapi 750 grm, campur saja dengan lemak sedikit.
• Tusuk sate secukupnya.
• Minyak goreng secukupnya.
• Arang secukupnya.

Bahan-bahan bumbu di haluskan:
• Asam jawa ½ cm, di laurkan menggunakan air 2 sdm.
• Garam 3 sendok makan.
• Gula merah 50 grm.
• Gula pasir 1 sdt.

Bahan-bahan sambal kecap:
• Cabe rawit iris tipis.
• Bawang merah 2 butir, cincang kasar.
• Kecap manis secukupnya.
• Tomat merah 1 buah, di iris.

Cara membuat sate maranggi purwakarta:
  1. Untuk langkah pertama, bahan-bahan bumbu halus di haluskan terlebih dahulu, terus daging yang telah di potong-potong di campurkan bersama bumbu halus sampai jadi merata.
  2. Masukan daging yang sudah di bumbu pada lemari es hingga 60 menit.
  3. Sesudah 60 menit maka daging di tusukan pada tusuk sate, pada pertusuk sate isi dengan 2 daging serta 1 lemak, saat menusukan lemak taruhlah lemak pada bagian tengah.
  4. Terus arang di siapkan untuk membakar, sesuah itu sate ri bakar pada atas bara api sampai jadi matang, sesaat sate belum di bakar maka sate di olesi dulu menggunakan minyak goreng.
  5. Untuk sambal kecap nya, yang pertama campurkan lah cabe rawit bersama bawang merah, dan tomat pada wadah ataupun mangkuk, lalu siramlah dengan kecap manis.
  6. Sate maranggi siap di hidangkan bersama saus kecap.
Sate Maranggi bisa di nikmati bersama nasi putih ataupun lontong, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

21 Responses to "Resep Sate Maranggi"

  1. Aku sering ke Purwakarta dan suka mampir ke Warung sate, Yang dipinggir alas jati itu lo !
    Katanya satenya direbus dulu ?
    Kata mrenggi kan artinya sate rebus, itu seh kata temanku. Baru deh dibakar makanya satenya empuk.

    ReplyDelete
  2. Sate Maranggi kalau saya baru denger, saya tahunya sate kambing sate ayam dan sate padang aja, depan rumah ada yang jual soalnya.. hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sate maranggi khas purwakarta, silahkan dicoba mas

      Delete
  3. baru tau kalau ada nama sate maranggi nih mbak.
    penasaran ingin mencoba rasanya

    ReplyDelete
  4. sayangnya selama perjalanan mudik ke Yogya, tak menemukan sate Marangi yang buka, jadinya pas kalau sate marangginya bikin sendiri lewat resep dari blog ini.

    Mohon Maaf Lahir Batin ya

    ReplyDelete
  5. Oh ternyata itu resepnya, sate maranggi ditempat saya banyak sekali, memang rasanya enak sih tapi sayangnya saya belum tahu resepnya, mungkin ini bisa dicoba nih resepnya.

    ReplyDelete
  6. saya paling suka sate maranggi, saya akan coba resep marangginya mba..

    ReplyDelete
  7. saya paling suka sate apa ajah yang penting satenya halal.
    mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
  8. belum pernah coba sih dan tidak tahu seperi apa karena belum pernah ketemu sama sate maranggi. patut dicoba ini mas

    ReplyDelete
  9. Makanan sate khas yang banyak di buru orang saat ke Purwakarta, tapi sekarang sudah bisa di coba bikin sendiri dengan resep sate maranggi sepert di atas.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel