-->

Resep Pepes Belut

Pada malam hari ini saya akan membagikan atau menuliskan Resep Pilihan yaitu Resep Pepes Belut. Pepes Belut ini rasanya sangat gurih dan nikmat. Selain itu masakan ini juga menyehatkan karena dimasak secara alami dan tradisional tanpa menggunakan minyak goreng dan diracik dengan menggunakan bumbu rempah-rempah pilihan, apabila anda tertarik untuk mencoba membuat Pepes Belut berikut ini adalah bahan, bumbu dan cara membuat Pepes Belut

Bahan:
• 10 ekor belut, dipotong-potong
• 2 cm lengkus, iris
• 25 gram pete cina
• 3 lembar daun salam, potong-potong
• 125 gram kelapa parut kasar
• Daun pisang untuk membungkus
• Lidi secukupnya

Bumbu:
• 1 buah cabai merah besar
• 1 sendok teh ketumbar
• 2 siung bawang putih
• 3 cm kencur
• 4 siung bawang merah
• ½ sendok teh gula pasir
• 1 ¼ sendok teh garam

Resep Pepes Belut

Cara Membuat:
  1. Remas-remas belut dengan 1 sendok teh garam dan ½ sendok teh air jeruk nipis, lalu cuci hingga bersih.
  2. Campur semua bahan menjadi satu lalu aduk rata.
  3. Ambil 1 lembar daun pisang, lalu isikan adonan pepes, bungkus dan semat menggunakan lidi.
  4. Kukus pepes selam 45 menit dengan menggunakan api sedang, lalu panggang sebentar sampai daunnya layu supaya rasanya lebih enak dan sedap.
  5. Angkat dan sajikan selagi hangat.
Demikianlah Resep Pepes Belut yang bisa saya bagikan atau saya tuliskan malam hari ini, selamat mencoba.

225 Responses to "Resep Pepes Belut"

  1. Insya Allah malam ini saya dapet pertamax di singgasananya Mbak Lina...
    Dapet gak ya? coba intip dulu ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss...tuh kan dapet
      tinggal nunggu hadiahnya aja nie :D

      Delete
    2. hadiahnya belut satu porsi mas....

      Delete
    3. ambil sendiri disamping pintu depan sebelah kiri pojok

      Delete
    4. mas marnes mah di kash belut kagak bakalan mau lgian gak doyan ,,, iya gak mas ?

      Delete
    5. sapa bilang? lah wong saya doyan ko, apalagi dimakannya bareng nasi liwet yang dialasin daun pisang plus sambel terasi duaah...beuh dahsyat banget tuh, gurih-gurih enyoy pokoknya mah :D

      Delete
    6. perasaan kemarin saya kesini
      gak liat ada pepes belut :)

      Delete
    7. Perut mulai keroncongan, Gimana nih...

      Delete
    8. ihh giliran ke Mbak Imer, kang Marnes bilangnya singgasana

      Delete
    9. Ikannya kayak ular kecil jadi risih ni mbak?

      Delete
    10. hiyah ya kang...giliran ke akang mah bilangnya singalaut...jauh banget dengan singgasana mah kan?

      Delete
    11. kayanya emang seperti itu, tapi cobain rasa lezatnya pepes belutnya deh...makjleb banget loch neng...:p

      Delete
    12. belut satu ember ya....langsung pepes mbak...sekalian es jeruknya. yang bayar marnes kliker.

      Delete
    13. coba makannya pejam mata...lalu rasakan sensasinya...psti ketagihan,.

      Delete
    14. saya mau juga di traktir ya :D

      Delete
    15. mbak Angelica Tse ndak suka tu ama belut heehee

      Delete
    16. @marnes kliker. jangan diintip mas...malu

      Delete
  2. Wah ini mah makanan favorite saya sewaktu kecil mbak, kalo di daerah saya namanya cobek belut... Selain rasanya yang enak dan gurih, belut juga mengandung gizi tinggi.

    ReplyDelete
  3. Ngomongin belut, jadi keingetan waktu masih SMP, suka banget ngurek liang belut di pematang sawah... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus di kejar2 sama yang punya sawah ya mas? hehehehe

      Delete
    2. nggak dong, kan sawahnya punya bapak saya :)

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. waduh mohon maaf mbak jaringan inet saya lagi lemot banget tadi, cuma muter-muter doang, eh pas saya tekan F5 malah komentarnya jadi dobel-dobel gitu... wah jadi gak enak banget saya nie, dihapus aja mbak merusak pemandangan jadinya entar...

      Delete
    8. nggak usah dihapus, biar mereka pada tahu kalau itu perbuatan Marnes Kliker :)

      Delete
    9. ih malu-mlauin saya aja deh :)

      Delete
    10. @marnes: gak masalah komennya jadi banyak..yang penting ikhlas. iya gak mbak admin?

      Delete
    11. This comment has been removed by hulk, batman, and superman....not including satria baja hitam.

      Delete
  4. Yang punya rumah udah tidur kayaknya nie, masa ada tamu kehormatan dianggurin begini coba... balik aja ah *sambil melipir :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dah disiapkan malah dah pada pulang..??

      Delete
    2. lagian dari semalem nungguin gak nongol-nongol, saya dah keburu laper deh :)

      Delete
    3. sabar dikit nggak bisa ya...?? :)

      Delete
    4. ya apanya yg nggak bisa ditahan...?

      Delete
    5. nganu mbak, wetenge wis ngelih nemen :D

      Delete
    6. gak bisa nahan nafsu tuh....#nafsu makan.

      Delete
  5. Kapan2 mau donk ngerasain masakan mbak lina...hehehe

    ReplyDelete
  6. cocok nih belut nya dipepes, buat makan siang ya sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi, siang,malam juga cocok mas :)

      Delete
    2. cocok dalam semua suasana...asal jangan dimakan pas lagi tidur aja mas...nanti masuk bukan kemulut tapi kehidung...heee

      Delete
    3. makan kapan aja cocok akayanya asal pas. resepnya

      Delete
  7. cuma bertiga kelihatan rame banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ketinggalan yah, kemaren pergi gak bisa ngeblog :p
      Sepertinya emang enak sekali belut pepesnya. Mangkannya jadi rame

      Delete
    2. iya mer...bikin jualan online aja masakan khusus nusantara...sapa tau aja bisa membuah hasil yang lezat juga melalui hal itu...

      Delete
  8. bisa buat ikan lele juga mbak? ;)

    ReplyDelete
  9. kayaknya serem deh pepes belutnya, tapi gak tau juga ya rasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. serem tampilannya, rasanya aduhai :)

      Delete
    2. apalagi kalo belutnya montok-montok mbak, rasanya gurih-gurih enyoy :D

      Delete
    3. ko serem sih? enak tauuu...
      apalagi belutnya hasil nangkep sendiri (ngurek belut), seneng banget deh :)

      Delete
    4. ya disawah atuh, masa nangkep belutnya dirumah Mbak Lina, ntar digrebek hansip lagi...wedi aku mbak hehehee.....

      Delete
    5. saya baru sadar gak keliatan komentar balasan kalo dibuka lewat HP cuma 3 komentar balasan aja yg bisa kebaca, sisanya nulis apaan coba :p

      Delete
    6. hahahaaa...bisa aja nih mas yan, pake bawa bojo segala....

      Delete
    7. kalo udah di pepes ga semem. yang masih hidup yang geli...

      Delete
  10. This comment has been removed by me

    ReplyDelete
  11. mantap kalo di makan sama nasi anget sama sambal :)

    ReplyDelete
  12. Belut tinggi sekali proteinnya hati-hati bagi penderita obesitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan jangan sering-sering juga nggak masalah :)

      Delete
    2. kalau kebanyakan takut dengan pantang makan ini dan itu...akhirnya kita tidak bisa menikmati kehidupan dengan sempurna....makan aja, tapi makan juga penawarnya....kan udah banyak obat herbal. iya gak mer....

      Delete
  13. saya suka makanan dari belut, di pepes di bakar apalagi di kuah pedas
    resep pepes belut diatas ini cocok banget dinikmati dengan nasi hangat


    terima kasih resep nya mbak lina

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehm kok comment ku jadi ada gambar nya, huehehe

      Delete
    2. hangat-hangat nasinya dan tambah sambel terasi...pasti muantab tetan iki mer

      Delete
  14. keliatan nya enak banget ya mbak,, tapi saya gak pernah nyoba belut mbak..hehhe

    ReplyDelete
  15. Saya kira pepes cuma untuk ikan dan ayam saja... Belut bisa di Pepes juga ...=D
    Tengah malam jadi lapar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat mba nya jadi gak laper kok... :D

      Delete
    2. tetap aja laper kayaknya mad. kalau dimasakin sama mbaknya danmakan bersama pasti gak laper
      ...

      Delete
  16. ane kemarin cari belut di sawah susah banget, enakan beli di pasar yak, jadi bisa langsung dimasak :D

    ReplyDelete
  17. jaman SD saya pernah dibikinin ibu pepes belut. saya yang nyari belutnya sendiri di sungai,.
    keren nggak saya?

    ReplyDelete
  18. emm, menu baru buat makan malam nih> :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan siang juga boleh mas, tapi kalo saya sih makan nasi pastinya :D

      Delete
    2. haha, sama mas:)

      Delete
  19. belut memang gurih banget saya suka daging ini mbak.
    tp belum pernah ngerasain dipepes sih.
    biasanya cuman digoreng aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain mas, mas ke sawah dulu aja nyari belutnya dulu mas..

      Delete
    2. saya maunya sih tinggal santap mas

      Delete
  20. Dulu nyari belut cukup ke sungai, sekarang nyari belut harus ke pasar :)

    ReplyDelete
  21. nanti saya ngureuk dulu mba :D
    nanti kalo udah ada belutnya dicoba

    ReplyDelete
  22. wah enak nih pepes belutnya. bikin lapar aja nih postingan :D

    ReplyDelete
  23. Hmmm Yummy ini pepes belut nya bikin ngiler :v

    ReplyDelete
  24. enak banget,tp sayang belutnya kecil-kecil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Direndam dengan minyak mas, biar gede gede :p

      Delete
    2. tambah tepung yang banyak aja belutnya...biar nampak gede
      kalau enggak masukin fitnes dulu biar berotot dan terlihat macho belutnya mas.

      Delete
  25. Kapan mau didaftarkan ke Adsense? Nanti tak klik bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti nunggu penerimaan murid baru kang...saya wakilkan dulu mbak imernya. dia lagi masak pepes ayam di belakang.

      Delete
  26. kadang geli juga kalau lihat nyiangin belutnya...tapi kalau udah masak sih ane siap tempur kalau masalah makanan, tempur dengan rasanya yang lezat dan nikmat....

    ReplyDelete
  27. pepes itu pelasan ya ? pasti enak ya pelasan belut

    ReplyDelete
  28. saya belum pernah nyoba pepes belut, kalau keripiknya si udah pernah nyoba...mantap pisan...

    ReplyDelete
  29. sapa bilang bisa buat ikan lele, kalau dipiara mah bisa.

    ReplyDelete
  30. Pepes belut memang mantep. Saya pernah makan di warung Sunda di tambun Bekasi. Disana pepes belutnya laris manis. Hemm...maknyuss.

    ReplyDelete
  31. belut goreng aja udah yummy
    apalagi kalo dipepes...

    pesen mba, cepetan yah..

    ReplyDelete
  32. mau dong dianterin satu porsi buat makan siang nih

    ReplyDelete
  33. Ada ya pepes belut.. baru tau
    Pasti rasanya maknyus

    ReplyDelete
  34. kelihatannya enak ya, tapi saya belum bisa makan belut hiks

    ReplyDelete
  35. Haha...Saya kira cuma ada #pepes_ikan. Pepes belut pun ada, kalau begini kan mungkin bisa jadi kombinasi agar tidak bosan dengan resep itu-itu saja. Bisa bernamfaat buat ibu saya.

    ReplyDelete
  36. kandungan belut ini khasiatnya banyak ya mbak,selain enak dimakan belut juga banyak manfaatnya bagi kesehatan.Terimakasih resepnya mbak nanti saya coba deh :D

    ReplyDelete
  37. setelah di pepes terus di goreng garing tambah enak tuch mbak...

    ReplyDelete
  38. wih enaknya nih keliatannya sis

    saya coba resepnya ahh...salam kenal sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba mbak, salam kenal kembali ya :)

      Delete
  39. nikmat sekali jadinya ya mas, langsung di coba ama istri nanti heehee

    ReplyDelete
  40. saya nglirik ke top komentatornya
    ternyata saya masih di nomer 1 yambak

    ReplyDelete
  41. wah belutnya masih antem nih sepertinya memang harus dipraktekkan cuma belut susah sekarang pada diekspor semua keluar daerah

    ReplyDelete
  42. yang punya rumah mana nih, belom ganti belut nya :)

    ReplyDelete
  43. Eahhh muantebbb banget nh. sayangnya saya gak suka ama belut. Hehehe

    Salam kenal ya mba. Saya sudah follow ditunggu follbacknya.

    ReplyDelete
  44. Iklan mirip uler jadi takut makan mbak?

    ReplyDelete
  45. Wah makanan belut memang mantap, tapi saya lebih suka yang kering sebab kalau masih cair terasa gimana gitu hehe

    ReplyDelete
  46. wah saya mau koment apa nih mbak yang koment dah lengkap sekali...tapi gak apa2 deh, saya coba buat resep pepes belutnya

    ReplyDelete
  47. oh ya mbak putri dari gogong, kapan nih kupdar di purwodadi biar saling tahu,wakakakaka

    ReplyDelete
  48. sampai hari ini belum ada pesanan saya disini sampai ke rumah :D :D

    ReplyDelete
  49. jadi pengen buat sendiri nih, makasih resepnya :)

    ReplyDelete
  50. weh gila komentarnya disini, banyak banget interaksinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lah, orang tiap kesini disuguhin makanan terus coba...
      ataukah ada yang laen? :D

      Delete
    2. seperti njagong calonan lurah ya mas

      Delete
  51. Pengen belajar masak ni pakai resep ala mba Putri. Salam kenal mba ya.

    ReplyDelete
  52. belum pernah nyoba nih pepes belut, doyannya yang digoreng aja :D

    ReplyDelete
  53. gak terlalu suka belut tapi boleh juga nih resepnya dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan resep itu nantinya mbak akan suka belut tu :D

      Delete
  54. wah mantap nih resep belutnya mbak,salut mbak pintar masak,ahh jadi iri :(

    ReplyDelete
  55. Masak lagi donk mbak...... udah lapar nich...

    ReplyDelete
  56. enak nih soal belut, apalagi gurih hehe

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel