-->

Resep Empal Daging

Kali ini saya akan menuliskan Resep Empal Daging yang bahan dasarnya dari daging sapi. Daging sapi ini sangat tepat untuk dibuat empal, karena empal daging sapi ini memiliki rasa yang khas dengan rasa yang manis, gurih, empuk dan enak. Masakan empal daging sapi ini merupakan makanan khas sunda dengan warna coklat kehitaman. jika ada yang ingin mencoba Resep Empal Daging ini silahkan simak berikut ini.

Bumbu-bumbu:
• 3 siung bawang putih
• 10 buah bawang merah.
• 2 sendok teh ketumbar
• Kemiri secukupnya
• ½ sendok teh asam jawa
• 700 ml santan kelapa
• Garam secukupnya

Bahan-bahan:
• ½ kg daging sapi (daging isi baik untuk membuat empal)


Cara membuatnya:
  1. Daging sapi dibersihkan, direbus dan dipotong-potong sedang kemudian tumbuk agar kelihatan agak pecah.
  2. Semua bahan ditumbuk halus dan bubuhi santan kental
  3. Rendam potongan-potongan daging tersebut dalam bumbu dan biarkan 1 atau 2 jam, gorenglah dengan minyak yang panasnya sedang-sedang saja.
Itulah tadi Resep Empal Daging yang bisa saya tuliskan kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

115 Responses to "Resep Empal Daging"

  1. Sayangya saya penganut Vegetarianmbak?

    ReplyDelete
  2. enaknya, hemmmmn, mau dong dikirimi.hehe

    ReplyDelete
  3. Woow, lengkap resep makanan disini, tapi sayang banyak daging berformalin sekarang, jadi takut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menyembelih sendiri aman mbajk :)

      Delete
    2. punya mbah kakung mungkin? asal jangan sapi tetangga aja yang disembelih, bisa gawat dunia persilatan :D

      Delete
    3. ya pasti punya sendiri lah, masak punya orang disembelih

      Delete
    4. ya tadinya punya orang terus dibeli gitu maksudnya :D

      Delete
    5. tapi uangnya nanti tahun depan :)

      Delete
    6. uangnya nyelip diempal daging kali tuh...

      Delete
  4. empal daging maknyus, semakin mantap di santap dengan sambel mentah
    saya suka , saya suka :)

    ReplyDelete
  5. Belum pernah nyoba yang kaya gini. Enak gak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kalau lagi flu mesti nggak enak tapi kalau lagi fit ya enak

      Delete
    2. betul itu, kalo lagi sehat walaupun cuma makan ikan asin juga udah indah ajah, coba kalo lagi sakit makanan enak juga berasa pait, iya toh?

      Delete
    3. kalo dikasih gula mungkin bisa berkurang paitnya :)

      Delete
  6. Wah kalo empal daging sapi sih saya doyan banget cahyu, hmmm...jadi laper aja tuh, kirimin donk bareng 2 baskom ajah... Kalo gitu saya mau cari nasi dulu deh Mbak Im, ini mah saya emang laper beneran, lupa karo baru makan pagi doang... udah ah mo makan dulu ntar keburu ujan lagi, mana petirnya udah dor dar begini... nanti balik lagi deh, siapin aja kopi susu yang panas ya :)

    ReplyDelete
  7. Mantab..Empal Menu yang saya suka nih, Karena bahan dasarnya daging, Oya empal dan rendang hampir sama kan mba :-d

    ReplyDelete
  8. daging waduh mantap nnih buat naikin badan yang kurus nian

    ReplyDelete
  9. dicoba resepnya nanti kalo sudah bisa masak :D
    sayang sih saya males banget kalo urusan dapur.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai sekarang jangan males-malesan kang, biar nanti siap jadi suami siaga :D

      Delete
    2. trus kalo cowo ke dapur apa tugas istri?hayoo?

      Delete
  10. ngomongin daging jenis apapun itu termasuk salah satu yg saya suka mbak.
    apalagi empal
    wuih

    ReplyDelete
  11. ternyata saya belum berhasil mbak membuatnya, sudah mengikuti petunjuk diatas beserta resep-resepnya, tetapi rasanya sih enak, yang menjadi kendalanya dagingnya digigit ibarat sendal jepit mbak, kagak mudah putus kalau di kunyah, terus suka nyangkut-nyangkut lagi digigi, kan jadi malu mbak sehabis makan langsung tusuk-tusuk gigi, hehe..!!

    bakat saya cuma bisa masak mie instan dech kayaknya mbak, masak air jadi bubur kok saya mbak, konon masak daging, haddewhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak air jadi bubur...?? he he he kelihatannya lucu juga ya :)

      Delete
    2. nah itu dia mbak, lucu kan, masak air biasanya kering, kok malah jadi bubur, istilahnya kagak bisa masak mbak, bingung neh, gimana nanti ya kalau punya suami, masa suami cuma disiguhin kopi doang setipa saat, hehe..!!

      Delete
    3. dagingnya ketuker sama sendal jepit mungkin mbak mbak :D
      coba teliti lagi deh

      Delete
  12. hemm, sebuah resep makan yang sangat menggoda

    ReplyDelete
    Replies
    1. harap waspada dengan godaan mas :D

      Delete
    2. terutama pada godaan syetan ya mbak :)

      Delete
    3. hahahaaa....godaan syetan atau tidak tetap aja godaan ya mer...yang jelas kalau godaan empal kayaknya memang enak untuk diturutkan tapi jangan terlalu banyak juga....sakit pada kantong mer. heee

      Delete
  13. wah mau coba gak ada dagingnya, mau coba pake ikan asin pasti hancur saat ditumbuk ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he pakai ikan asin ya jelas hancur mbak

      Delete
    2. gampang...ikan asinnya gak usah ditumbuk aja. kalau gak goreng dulu setengah matang, baru goreng lagi pake bumbu empalnya....

      tuh ikan suka sekali main dilaut, akhirnya jadi asin kan?

      Delete
  14. Wah harus buru buru kasih tau Nyonya Nih .. ada Resep Empal Daging LezAT :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih tau orang se RT aja mas...kan kalau ada yang masak 5 orang bisa makan kenyang juga...

      Delete
  15. Replies
    1. yang saya juga langsung copy resepnya tadi...sapa tau aja dengan banyaknya resep dari blog ini bisa jualan heheheee....
      #usaha-sampingan

      Delete
  16. Wah saya juga fans berat EMPAL mba. Hieiehieie Cuma saya batasi konsumsi EMPAL nya jadi minimal 1 kali dalam sebulan. Kalau sudah "Sakau" lama nda makan EMPAL, ya saya cari Mie Rebus dengan cita rasa EMPAL. Kan ada tuh merek. Tiitttttttttttttttt (Sensor) yang ada varian rasa EMPAL nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he ada-ada adja nich mas asep :)

      Delete
    2. ada apaan mer....ada empal kali di hatinya heheheeee

      Delete
  17. Ya elaaaah udah telat komen di sini, gara-gara daging empal mak nyuuusss...

    ReplyDelete
  18. kayaknya sederhana ya mer resep empal daging sapinya....
    dan kalau jadi bisa disantab dengan enak bersama keluarga. ok deh ane coba dulu...makasih resepnya. ane izin copy dulu buat disimpan....makasih mer.

    ReplyDelete
  19. Saya sukanya kalo dibuat sate. Kalo yang diatas agak kurang suka heheh. Tpi istri saya yang doyan ama menu yg stu ini. Ijin save ya. Makasih

    ReplyDelete
  20. suka empal tapi ga suka masaknya
    cukup ke warung sebelah aja, hahah

    ReplyDelete
  21. Telat komennya..selalu paling bawah:D
    Izin save resepnya mba ya.

    ReplyDelete
  22. Masih ada aku paling bawah mas donald, kalau pengen eksperimen blog mbak imerlina jadi rujukan terbaik

    ReplyDelete
  23. hememmmmn, enak bgt kayaknya.
    bte we, komentarnya kayak piramid.hehe

    ReplyDelete
  24. Belum pernah nyobain resep empal daging, nanti ah ke mamah aku request bikin empal daging ayam :G

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel