-->

Resep Swike Kuah Tauco Khas Purwodadi

Swike atau Swikee adalah Masakan Tionghoa Indonesia yang terbuat dari paha kodok. Hidangan ini dapat ditemukan dalam bentuk sup, digoreng kering, atau ditumis. Aslinya hidangan ini berasal dari pengaruh masakan Tionghoa yang masuk ke Indonesia. Istilah "swikee" berasal dari dialek Hokkian (水雞, Pe̍h-ōe-jī: súi-ke) sui (air) dan ke (ayam), yang merupakan slang atau penghalusan untuk menyebut kodok sebagai "ayam air". Makanan ini biasanya dikaitkan dengan daerah Purwodadi. Bahan utama hidangan ini adalah kaki kodok (umumnya dari "kodok hijau" atau "kodok ijo" (Jw.)) dengan bumbu bawang putih, jahe, dan tauco, garam, dan lada. Dihidangkan dengan taburan bawang putih goreng dan daun seledri di atasnya, swike biasanya disajikan dengan nasi putih.(Sumber : https://id.wikipedia.org/)

Resep Swike Kuah Tauco Khas Purwodadi

Disini saya akan membagikan Resep Swike Kuah Tauco Khas Purwodadi

Bahan-bahan:
  • 400 Gram swike
  • 3 Buah jahe
  • 15 Siung bawang putih
  • 3 Sdm tauco yg sudah diulek halus
  • 1 Sdm kecap manis
  •  Garam, merica, gula, micin secukupnya
Langkah-langkah:
  1. Ulek halus 5 bawang putih dan 1 jahe, beri air 500 ml tambahkan 1 sdm garam dan 1 sdt micin, masukan swike rendam selama 30 menit.
  2. Iris sisa bawang putih dan jahe, tumis hingga kecoklatan, tambahkan tauco yg sudah dihaluskan masak. Masukan swike yg sudah ditiriskan. Lalu tambahkan kecap manis. Masak hingga swike kaku. Tambahkan air secukupnya untuk kuah. Masukan garam,merica,micin,gula sesuai selera
  3. Taburi dengan irisan seledri dan bawang goreng.
Itulah tadi Resep Swike Kuah Tauco Khas Purwodadi yang bisa saya bagikan disini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Resep Swike Kuah Tauco Khas Purwodadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel