-->

Resep Swike Kodok

Postingan kali ini saya akan berbagi Resep Swike Kodok. Swike dalam bahasa mandarin yang berarti Ayam Air sering kita jumpai di restoran chinese food. Daging kodok batu yang besar keliatannya menantang untuk dimasak. Untuk beberapa orang memang kodok kalau masih hidup terlihat creepy, tetapi kalau sudah dibersihkan dari kulit dan jeroannya sampai tinggal dua potong paha belakang malah keliatan menggiurkan. Bagi anda yang pantangan makan Kodok Swike ini bisa digantikan dengan Ayam, berikut bahan dan cara membuatnya.

Baca juga : Resep Swike Ayam

Bahan :
• 5 Ekor paha kodok batu, (sekitar 350 gram).
• 1 sendok makan tepung sagu.
• 1 sendok teh kecap asin.
• ½ sendok teh garam.
• 1 sendok teh air jahe atau lemon.

Kuah tauco:
• 2 sendok makan tauco medan
• 10 buah cabe rawit
• 5 buah cabe merah
• 3 cm jahe
• ½ bawang bombay, iris-iris
• 6 siung bawang merah
• 10 siung bawang putih
• 2 buah belimbing wuluh, potong-potong
• Haluskan semua bahan, kecuali bawang bombay dan belimbing wuluh
• 1 Sendok makan minyak goreng untuk menumis

Resep Swike Kodok

Cara Membuat:
  1. Campur daging kodok dengan garam, air jahe atau lemon dan kecap asin, rendam 10 menit, tiriskan sampai kering.
  2. Lumuri tipis dengan tepung sagu, goreng sampai kecoklatan
  3. Panaskan 1 sendok makan minyak, tumis bumbu halus sampai matang
  4. Masukkan daging kodok, bawang bombay dan belimbing wuluh
  5. Tambahkan air secukupnya, didihkan dan hidangkanselagi masih panas
  6. Kalau kurang asam tambahkan dengan perasan jeruk nipis, kalu kurang pedas, tambahkan cincangan cabe rawit.

Baca juga : Resep Swike Bebek

Demikianlah Resep Swike Kodok yang bisa saya bagikan kali ini dan selanjutnya saya akan membagikan Resep Swike Ayam, semoga bermanfaat.
Cerita kenapa saya bisa posting Resep Swike Kodok?
Ada seorang yang suka makan swike kodok yang berasal dari kota Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. Orang tersebut tidak cuma suka dagingnya saja tapi dia juga suka kulit dan telur kodok tersebu dan dia mengetahui asal saya dari Grobogan, Jawa Tengah dan dia meminta saya untuk menuliskan Resek Swike Kodok.

119 Responses to "Resep Swike Kodok"

  1. Biuh sikodok
    bikin mata mlorok
    karena mirip orok
    Pasti enak tapi aku ga tega nyendok

    ReplyDelete
  2. nggak cocok sama saya nih bila pakai kodok mbak.
    diganti ayam tuh solusinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau diganti berarti bukan Swike Kodok ya.. tapi Swike Ganti ... hehehe

      Delete
    2. @yanto cungkup: ganti kambing kayaknya makin joss nih mas yan
      @yono karyono: kalau swike ganti .... makannya gantian aja mang
      @anak nelayan: ganti lele...takut meleleh
      @imerlina putri: gak ada nama "bebas", yang ada tuh kayak yanto cungkup, yono karyono, mbah dinan....hedehhhhh


      udah kayak admin aja nih ane komennya....mana kopi min?

      Delete
  3. itu yg dimaksud bahannya dari kodok hijau yambak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,kalau kodok coklat namanya kodok berot

      Delete
    2. mas yanto abis makan apa nih ... hayooo

      Delete
    3. mas tuh di suruh tanggung jawab sama imer....habis ngapain aja mas? jangan nakal mas...kasihan yang dirumah?

      Delete
    4. nah ini yg bikin swasana memanas :)

      Delete
  4. Cuma berani makan ayamnya doank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok mas, besok saya share ayamnya :)

      Delete
    2. asal jangan share ayam kampus aja mbak :D

      Delete
    3. saya setuju ayam kampus, eh ayam kampung :)

      Delete
    4. saya juga suka ayam kampung lho mas :)

      Delete
    5. memang apa aja yang berasal dari kampung itu segar dan enak ya mer...termasuk saya...ehhh salah ayam kampung maksudnya...
      yang syaa heran tuh gak ada ayam kota mer...gimana bentuknya ya?

      Delete
    6. ayam kota itu sama dengan ayam daging yang bulunya putih itu

      Delete
  5. o2 ini saya pernah memakannya dalam bentuk keripik renyah

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Sayangya untuk Muslim gak boleh ni mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu mas :) tapi juga tergantung alirannya

      Delete
    2. aliran apaan tuh? aliran cungceng gituh :D

      Delete
    3. aliran sholin fai mer...kalau gak aliran metal...biar keras. tapi intinya tergantung orangnya. masalah halal haram itu tergantung orang atau pelaku yang makan swike kodok mau memandangnya bagaimana....? iya gak kawan-kawan?

      Delete
  8. emang enak ya daging kodok itu? hemmm jadi ngeri juga hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. dagingnya nggak enak mas, tapi kuahnya yang enak mas

      Delete
    2. ah kuahnya juga gak berani saya mah mbak, tetap aja geli kalo masih keliatan kodonya hehehee

      Delete
  9. saya pernah makan swike ini waktu dulu, dagingnya enak.apalagi ada resepnya dari mba,tentu bisa lebih enak lagi.hehe

    ReplyDelete
  10. Waduh kodok bisa dibuat untuk makanan juga toh...

    ReplyDelete
  11. Kalau uda di olah, uda gak kelihatan kodoknya

    ReplyDelete
  12. wah ngeliat tampilannya aja saya mah udah geli duluan mbak heheee...
    wedi aku :D

    ReplyDelete
  13. sangat menggugah selera ya mbak..,

    ReplyDelete
  14. hahah kayaknya saya belum bisa makan, eh mbak ini jogo masak ya

    ReplyDelete
  15. hihi kata yang pernah makan kodok rasanya semacam ayam tapi tetep saja aku ga mau nyicip... Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya mbak betul itu, saya hanya berbagi :)

      Delete
  16. aku sih suka kebanyang banyang waktu kodoknya masih idup

    ReplyDelete
  17. wah, ga mau mbak, emm

    ReplyDelete
  18. saya belum pernah makan masakan terbuat dari kodok
    mungkin rasanya enak, tapi saya lebih gak tega, huehehehe

    ReplyDelete
  19. ih ... ada kotok ,,, ej kodok kodok ... :D

    ReplyDelete
  20. Judul artikelnya ekstim mbak...

    xixiixixiix

    ReplyDelete
  21. wah kalau kodok sepertinya saya ndak suka alias jijik mbak heehee

    ReplyDelete
  22. Saya belum pernah makan kodok, jijik! Hahahaha....

    ReplyDelete
  23. jujur mbak melihat hidangan diatas bukannya malah terpesona dan laper kok jadi eneg ya, mungkin karena memang kodok terlihat geli gitu ya mbak, tetapi kata orang memang enak sih rasanya, gak jauh beda dengan daging ayam pada umumnya.

    ReplyDelete
  24. Saya suka makan daging kodok, kalau pas dapet kodok di sawah.. tapi belum pernah di masak Swike Kodok ... nah setelah dapet resep ini saya akan praktekan hehehe

    ReplyDelete
  25. Mantab ni, tapi agama islam kodok diperbolehkan untuk di konsumsi gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluarga saya NU (Nahdlatul Ulama) Halal
      Saudara saya Muhammadiyah Haram

      Delete
  26. terus terang kalau dikalimantan, apalagi di daerah pedalaman banyak orang yang makan dari hasil alam. termasuk kodok, ular, biawak, labi-labi (sejenis kura-kura), trenggiling, belalang, atau binatang lainnya. untuk sebagian orang mungkin beberapa makanan itu dilarang dan mungkin juga geli saat makannya. tapi tinggal kita yang milih mau makan apa, banyak juga pilihan sederhana dan dihalalkan.

    yang jelas apapun itu makanannya....makanan penutupnya lebih enak pake puding pelangi...iya gak kawan-kawan? hehheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada benernya juga ya mbah, maksudnya itu kata" yg terakhir :)

      Delete
  27. Kodok itu haram atau halal ya?..

    ReplyDelete
  28. pernah mba saya makan swike engga enak wlo :( engga mau lagi deh makan itu ihh ...

    ReplyDelete
  29. hehehe kai ini lidah aku ga coock sama menunya mba >,<

    ReplyDelete
  30. di semarang banyak gituan :D,

    btw sudah ganti TLD nih

    ReplyDelete
  31. waduh saya blm pernah nyoba dan sepertinya ga mau nyoba mba, soalnya inget kodok sebelum jadi swike, he he btw nice artikel

    ReplyDelete
  32. belum pengen nyoba makanan yang gak lazim

    ReplyDelete
  33. Wuihhhh....nampak mantab tuh mbak, tapi agak susah cari daging kodoknya. melihat resep bumbunya, apapun bahannya tetep mantab.

    ReplyDelete
  34. dah lama banget tak makan kodok, rasanya pengen juga si....pasti nikmat kalau di goreng

    ReplyDelete
  35. Saya waktu masih sma sering banget masak swieke kodok bareng temen-temen hasil mancing dari lubang-lubang bekas yuyu di persawahan.
    Btw Salam kenal dari tetangga kabupaten.

    ReplyDelete
  36. Klo usasha budidaya lalu di jual ke org cina gmna yaaa

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel